0
RESUME “Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran”
Posted by Ryas Astria
on
07.52
in
RESUME
“Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran”
Apa sih yang dimaksud permintaan, penawaran, dan harga?
Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi ? Nah, kali ini saya akan membuat
resume kelompok saya sendiri, yaitu tentang “Penentuan Harga Permintaan dan
Penawaran”. Tanpa berlama-lama yuk mari di simak ^_^.
Pengertian
Permintaan
Permintaan
adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga
tertentu dalam waktu tertentu.
Sedangkan Hukum Permintaan berbunyi: “Apabila harga naik maka jumlah barang yang
diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang
yang diminta akan mengalami kenaikan”.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan antara lain :
·
Selera
·
Pendapatan konsumen
·
Harga barang atau jasa pengganti
·
Harga barang atau jasa pelengkap
·
Perkiraan harga di masa datang
·
Intensitas kebutuhan konsumen
Pengertian
Penawaran
Penawaran
adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu
tertentu atau keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah
penawaran.
Sedangkan Hukum Penawaran berbunyi: “Bila tingkat harga mengalami kenaikan maka
jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka
jumlah barang yang ditawarkan turun”.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran antara lain :
·
Biaya produkisi dan teknologi
yang digunakan
·
Tujuan perusahaan
·
Pajak
·
Ketersediaan barang pengganti
atau pelengkap
·
Prediksi atau perkiraan harga di
masa depan.
Penentuan Keseimbangan Harga
Harga
adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang atau jasa yang dinyatakan dalam
bentuk uang. Oleh karena itu, harga merupakan nilai tukar obyektif atas
barang/jasa dan nilai tukar obyektif itu sendiri adalah harga pasar atau harga
keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis akan tetapi melalui
suatu proses mekanisme pasar yakni tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan
permintaannya dan kekuatan penjual dengan penawarannya.
Jadi, harga keseimbangan dapat diartikan
harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.
Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil
kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas
yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.
Posting Komentar