0
Resume “Struktur Pasar”
Posted by Ryas Astria
on
08.10
in
RESUME
“Struktur Pasar”
Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai
tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Mereka saling berinteraksi
melakukan transaksi jual dan beli barang bahkan jasa pun ada, dimana uang di gunakan sebagai alat tukar- menukar.
Jenis-jenis pasar :
·
Pasar Nyata
Tempat bertemunya
penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam
hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar
tradisional dan pasar swalayan.
·
Pasar Abstrak
Dalam hal pasar
abstrak, penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan untuk
bertransaksi. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan teknologi
seperti internet. Seperti pasar saham, pasar online.
·
Pasar Modern
Pasar ini bersifat
modern, dimana barang-barang diperjual-belikan dengan harga yang sudah
ditentukan (pas) dengan layanan sendiri. Jenis pasar ini dapat berlangsung di
mal, dan plaza.
Macam-macam pasar menurut bentuk dan strukturnya :
·
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana
terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat
homogen. Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur.
·
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Bentuk-bentuk pasar
persaingan tidak sempurna :
Ø
Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi
apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh
seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. Contoh : PT Pertamina (persero), PT
Perusahaan Listrik Negara (perseroan).
ciri-ciri pasar monopoli
antara lain :
ü
Hanya ada seorang penjual
yang menguasai pasar
ü
Tidak adanya barang
pengganti yang memilki persamaam produk (mirip)
Ø
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual
untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga. Contoh: perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan
rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.
Ciri - ciri pasar Oligopoli antara lain :
ü Terdapat beberapa penjual atau
produsen yang menguasai pasar.
ü Hanya
ada satu beberapa pengusaha yang membuat barang / jasa yang pada dasarnya
hampir sama.
Ø Pasar Duopoli
Pasar duopoly adalah Suatu
pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan atau
penjual. Contoh : Penawaran minyak pelumas dikuasai
oleh Pertamina dan Caltex.
Ciri-ciri pasar duopoly antara lain :
ü
Terdapat dua perusahaan di
dalam pasar
ü
Kepemimpinan harga
Ø
Pasar
Monopolistik
Pasar monopolistik adalah
salah satu bentuk pasar
di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi
memiliki perbedaan dalam beberapa aspek
yang menunjukan karakteristik produk yang dihasilkan setiap perusahaan. Contoh : dalam industry
kendaraan bermotor motor Honda, di mana ciri khususnya
adalah irit bahan bakar Yamaha memiliki keunggulan pada mesin yang stabil dan
jarang rusak. Akibatnya tiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia
masing-masing.
Ciri-ciri pasar
monopolistic antara lain :
ü
Terdapat banyak produsen
atau penjual
ü
Promosi penjualan harus
aktif.
Ø
Pasar
Monopsoni
Pasar
monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai
penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam
suatu pasar. Contoh
: Di Indonesia seperti PT. Kerata Api Indonesia yang merupakan satu-satunya
pembeli alat-alat kereta api.
Ciri-ciri pasar monopsoni
antara lain:
ü
Pembeli memiliki kekuatan
dalam menentukan harga
ü
Bentuk interaksi antara
permintaan dan penawaran dimana permintaannya hanya satu perusahaan
ü
Satu pelaku usaha menguasai
penerimnaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam
suatu pasar komoditas
Ø
Pasar
Oligopsoni
Pasar
oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih
pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas
barang atau
jasa dalam suatu pasar.
Ciri-ciri pasar oligopsoni
antara lain:
ü Terdapat
beberapa pembeli
ü Pembeli
bukan konsumen tetapi pedagang
ü Barang
yang dijual merupakan bahan mentah
Posting Komentar